Jumat, 12 Juli 2013

Yelena Pramudita Amira

Memberi nama untuk seorang anak adalah kegiatan yang menyenangkan. Googling demi googling saya lakukan demi menemukan nama dengan makna yang saya inginkan.. Nama demi nama saya cantumkan dalam daftar kandidat. Kandidat demi kandidat saya padukan untuk menemukan kombinasi yang tepat. Proses panjang ini saya ladeni demi menemukan nama yang pas dengan harapan saya. Proses ini yang saya rasakan saat memberi nama kedua anak pertama (kembar) saya, Raito dan Aidan.

Sensasi yang sama masih saya rasakan saat saya mencari nama untuk anak ketiga saya yang lahir tanggal 4 Juli 2013 lalu. Hasil perenungan berbulan-bulan dan googling berhari-hari membawa saya kepada nama Yelena Pramudita Amaris. Nama ini yang saya ajukan ke Dewan Pertimbangan Nama Anak yang dipimpin oleh istri saya untuk disetujui.

Sebelumnya ijinkan saya menceritakan latar belakang nama Yelena Pramudita Amaris. Berhubung saya bukan tipe orang yang kreatif, latar belakang nama ini mirip dengan Raito (Raito Prasatya Aldebaran) dan Aidan (Aidan Pramana Antares). Nama Yelena terdiri dari 3 (tiga) kata karena saya ingin anak-anak saya memiliki nama tengah. Hal ini pada akhirnya akan mempermudah mereka saat mereka mengurus paspor haji kelak. *uhuk*

Nama "Yelena" sendiri merupakan varian dari nama "Helen" yang dalam bahasa Yunani berarti "cahaya yang bersinar". Bila dibandingkan dengan "Raito" (pengucapan Jepang untuk "Light" yang berarti "cahaya") dan "Aidan" (varian dari nama "Aedan" yang dalam bahasa Irlandia berarti "api"), makna "Yelena" ini tidak jauh berbeda. Nama-nama ini pada dasarnya mencerminkan harapan saya dan istri saya (hopefully) agar anak-anak kami tumbuh menjadi individu-individu yang tidak akan tersesat dan bahkan mampu memberikan petunjuk di tengah kegelapan, atau kalau menggunakan istilah +Aresto Yudo, sebagai pencerah umat. Bagian yang "menarik" dari singkatan dari Raito-Aidan-Yelena adalah "RAY" yang berarti "sinar". Akhirnya terbentuklah pasukan sinar yang siap membela bumi dari serangan.... Maaf, sepertinya saya terlalu banyak menonton serial Super Sentai.

Nama "Pramudita" sendiri saya pilih sesuai usulan Pimpinan Dewan Pertimbangan Nama Anak. Ibu Pimpinan menginginkan nama anak yang mencerminkan kecerdasan sehingga pilihan saya jatuh pada "Pramudita" yang berarti "cerdas". Sifat-sifat yang mulia sengaja saya sisipkan dalam nama tengah seperti halnya "Prasatya" yang berarti "setia" dan "Pramana" yang berarti "bijaksana". Jadi keberadaan nama tengah ini memiliki makna yang lebih mendalam ketimbang sekedar menjadi alasan untuk mempermudah pembuatan paspor haji. *uhuk-uhuk*

Lalu bagaimana dengan nama "Amaris"? "Amaris" ini memiliki 2 (dua) makna yang saya temukan di Internet. Pertama, "Amaris" yang bermakna "given by God" atau "promised by God". Kedua, "Amaris" yang bermakna "child of the Moon". Saya sebenarnya memilih makna "child of the Moon" karena setali tiga uang dengan "Aldebaran" dan "Antares" yang berkaitan dengan kebintangan. Pemilihan nama yang terkait dengan kebintangan ini sebenarnya tidak memiliki makna spesial, tapi tetap mencerminkan salah satu harapan saya yaitu agar anak-anak saya memiliki pencapaian yang tidak mengenal batas dalam hidup mereka kelak.

Sayangnya nama "Amaris" ini terlalu identik dengan nama hotel dan Pimpinan Dewan Pertimbangan Nama Anak akhirnya memilih nama "Amira". Pada kenyataannya memang ada sebuah bintang yang diberi nama "Mira A", tapi Ibu Pimpinan memilih nama "Amira" karena dalam bahasa Arab berarti "putri". Selain itu juga cukup jelas bahwa "Amira" adalah akronim dari "AMIr" dan "RAtna". Pretty simple, right?

Alhasil nama Yelena Pramudita Amaris disetujui sebagian dan diputuskan bahwa nama anak ketiga saya adalah Yelena Pramudita Amira. Jadi saya secara resmi sudah memiliki 3 (tiga) pasukan cahaya yang akan tumbuh menjadi sarana perpanjangan amal saat saya dan istri saya meninggal dunia kelak. Yang tersisa adalah bagaimana mendidik Raito, Aidan, dan Yelena agar tumbuh ke arah sana.

4 komentar:

  1. Whoa, selamat ya Pak atas kelahiran putrinya. Semoga benar2 bisa menjadi cahaya bagi semuanya
    Aamiin
    :)
    Kegiatan mencari nama anak tu memang menyenangkan. Sekarang pun saya sudah mulai googling buat nama anak saya kelak, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin atas doanya. :)

      Btw, googling-nya bareng sama calon istri gak? Kalau googling-nya sendirian, nyari kandidatnya yang banyak. Kalau kandidatnya terbatas, nanti aspirasi istri bisa-bisa gak terakomodir. :P

      Hapus
  2. Keyeeeen!!! Aku suka! cantik banget namanya <3 kisses for Yelena yah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Tante Icha. Nanti "kisses"-nya dititipin lewat Bunda Ratna aja ya. :)

      Hapus