Selasa, 08 Desember 2009

Tips Aman Berselancar di Internet

Penipuan lewat berbagai media di Internet bukanlah hal yang baru. Sayangnya tidak semua orang memahami seluk-beluk penipuan di Internet ini. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk menjaga diri kita selama kita berselancar di Internet.

Jangan Klik Sembarang Link
Link ada di banyak tempat. Kadang lewat email, kadang lewat instant messenger, kadang muncul lewat pop-up di sebuah situs. Anda harus benar-benar jeli jika Anda berniat mengklik link-link tersebut. Perhatikan URL yang dituju oleh link tersebut -hal ini bisa dilihat lewat status bar pada browser Anda.

Jangan Berikan Alamat Email dan Password Anda
Memberikan alamat email dan password sepertinya sudah menjadi hal yang cukup lumrah. Contohnya di situs jejaring sosial yang meminta alamat email dan password Anda untuk mengirim undangan untuk bergabung lewat email Anda. Yang perlu diingat adalah sekali Anda menyerahkan alamat email dan password itu kepada pihak ketiga, maka Anda membuka resiko menerima email spam. Hal yang sama berlaku juga untuk daftar kontak yang tersimpan dalam akun email Anda.

Pilih Password yang Tidak Mudah Ditebak
Umumnya orang memilih password yang mudah diingat. Kecenderungan ini sebenarnya lumrah. Sebegitu lumrahnya sampai password seperti ini begitu mudah ditebak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda membuat password agar akses ke sebuah situs atau layanan email itu terbatas bagi diri Anda sendiri. Tidak ada gunanya bila password Anda mudah ditebak. Kaidah dasar dalam memilih password yang kuat adalah menggunakan kombinasi simbol, angka, huruf besar, dan huruf kecil dengan panjang yang memadai (umumnya minimal 14 karakter).

Jangan Membeli Barang lewat Email
Hal ini terkait dengan tips pertama. Penawaran barang yang datang lewat email umumnya disertai link kepada barang yang ditawarkan. Jangan sembarangan klik link tersebut tanpa memperhatikan URL yang dituju. Apalagi kalau alamat email pengirim penawaran barang itu tidak Anda kenali, hal ini memperbesar kemungkinan email itu datang dari penipu. Alamat email pengirim itu merupakan identitas dasar. Apapun isi email itu, apapun klaim yang membuat email itu bisa dipercaya, alamat email pengirim yang "aneh" akan langsung menguak usaha penipuan.

Jangan Klik Pop-up
Pop-up adalah cara umum untuk menampilkan iklan. Jika Anda mengunjungi sebuah situs yang menampilkan pop-up tanpa keinginan Anda, yakinlah bahwa itu adalah iklan. Walaupun isi pop-up itu adalah peringatan bahwa komputer Anda terserang virus, saran untuk upgrade salah satu software dalam komputer Anda, atau apa pun yang terlihat berguna, tetap yakinkan hati Anda bahwa itu semua hanya kedok. Anda harus benar-benar selektif saat Anda ingin klik pop-up yang muncul tersebut.

Di atas adalah beberapa tips dasar untuk meningkatkan keamanan Anda saat berselancar di Internet. Saya yakin ada banyak langkah sejenis yang dapat kita lakukan selain yang disampaikan di atas. Penipu tidak akan berhenti mencari cara untuk menipu kita, kita pun tidak boleh berhenti mencari cara untuk mengalahkan tipuan itu.

Tulisan terkait:
Menghindari Penipuan Bisnis Internet: http://bagaimana-cara.blogspot.com/2009/06/menghindari-penipuan-bisnis-internet.html
Money Game Berkedok Bisnis Internet: http://asyafrudin.blogspot.com/2009/07/money-game-premanisme-berkedok-bisnis.html

Referensi:
--
Versi PDF: http://www.4shared.com/file/179271070/54d67420/TipsAmanBerselancardiInternet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar