Minggu, 19 April 2009

Tips Menghindari Penipuan dari XL

Kasus penipuan yang hampir aku alami sudah aku laporkan ke Layanan Pelanggan XL. Beritanya aku sampaikan lewat email karena aku merasa lebih nyaman bercerita lewat tulisan. Berselang satu hari, aku sudah menerima jawaban dari mereka. Bagian penting dari jawaban mereka aku kutip di bawah.

... kami menghimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna kartu XL agar berhati-hati terhadap penipuan berkedok undian berhadiah semacam ini. Yang perlu diperhatikan adalah, jika Bapak memenangkan undian yang dilaksanakan oleh XL kami tidak akan menginformasikan hal tersebut melalui SMS akan tetapi kami akan menghubungi ponsel Bapak secara lansung untuk mengkonfirmasikan hadiah yang didapat, dan cara pemberian hadiah dapat kami kirimkan langsung ke alamat Bapak atau diambil di XL Center terdekat tanpa biaya pajak undian, karena biaya pajak akan ditanggung oleh XL. Tidak ada nomor konfirmasi lain selain nomor 817 atau 021 57959817.

Mohon untuk bertindak hati-hati dengan tidak terpancing untuk mengikuti petunjuk yang diberikan si pengirim telepon antara lain dengan permintaan untuk menyetor sejumlah uang atau membeli sejumlah voucher terlebih dahulu dan menyebutkan 14 digit kode rahasia pengisian pulsa kepada si penelpon atau meminta korban melakukan registrasi internet di ATM salah satu Bank, kemudian memberitahukan password korban kepada si penelpon/penipu tersebut. ....

Paragraf pertama menjelaskan mekanisme konfirmasi hadiah undian yang didapat beserta nomor konfirmasi. Selain itu dijelaskan juga mekanisme pemberian hadiahnya. Paragraf kedua menjelaskan modus operandi yang sering dilakukan oleh si Penipu.

Khusus untuk bagian "menyebutkan 14 digit kode rahasia pengisian pulsa", orang tuaku pernah mengalaminya. Penipu menghubungi nomor telpon rumah orang tuaku dan menjanjikan hadiah sebuah motor. Orang tuaku diminta membeli voucher bernilai Rp. 100.000 (Seratus Ribu Rupiah) sebelum hadiah itu bisa mereka terima. Setelah voucher dibeli, si Penipu menghubungi orang tuaku kembali dan meminta orang tuaku menyebutkan 14 digit kode rahasia pengisian pulsa itu. Selesai.

Orang tuaku termasuk orang awam yang tidak terlalu mengerti bahwa 14 digit yang mereka berikan itu TIDAK SEHARUSNYA diberikan kepada orang lain. Bagi orang yang mengetahui hal ini mungkin bisa langsung tahu bahwa dia sedang ditipu dan segera mengakhiri pembicaraan atau malah membalas menipu dengan memberitahu 14 digit asal-asalan.

Terlepas dari itu semua, semoga saja tidak ada lagi yang tertipu dengan model penipuan seperti ini. Semoga saja yang menipu bisa segera kembali ke jalan yang lurus dan benar sehingga berkenan mencari nafkah dengan cara yang baik.

12 komentar:

  1. sy jg pernah mengalaminya, disuru si penipu ke atm. dan belum jelas si penipu mao menyuruh ap.
    karena sy sudah menelepon CS XL terlebih dahulu.
    tlp CS terlebih dahulu sebelum percaya akan undian berhadiah..

    BalasHapus
  2. Hahaha Barusan gua di telp sama +6287796407409. uda jelas-jelas dia penipu, jadinya gua puter2 kata-katanya sampe marah-marah. gua disuruh isi pulsa 2x 100.000 ke nomor 087796598513 & 081995180158 --> alasannya buat bayar biaya sewa polisi biar aman (ada-ada aja, buat apa lagi polisi). bagi yang dihubungi oleh nomor-nomor tersebut harap hati-hati

    BalasHapus
  3. memang sekarang jamanya penipu.. xl paling sering dlu pas saya pake xl.. untung saya da pindah ke indosat sekarang,.., good bye xl!

    BalasHapus
  4. Bro gw ketipu bro, 2x 25.000

    BalasHapus
  5. Kronologisnya gimana tuh? Bisa di-share? Biar yang lain bisa ikut waspada juga. :)

    BalasHapus
  6. Hari ini saya juga nyaris ditipu oleh nomer : 083136034436 katanya : SLMT!! No.anda M-dapat Hadiah Mobil (Xenia) dr PT.XL AXIATA di UND tadi mlm di ANTV. U/Info HUBUNGI CALL : 081998502444 PIN : {5477m} Pelaksana : +XL.
    Demikian, hati-hati dinegeri ini banyak orang yang curang,licik dan tidak jujur.....sekali lagi penipuan tsb tidak terpuji, dan saya mengutuk agar orang2x penipu spt mereka mendapat balasan yang setimpal 1000x lipat dari orang yang dia sengsarakan. Amian Ya Rabb...

    BalasHapus
  7. Penipuan dialami temen saya dari kampung yg baru 1 taon tinggal di tangerang.,,total kerugian hingga 7 juta Rupiah.,pertama setor 3 jt trus 2 jt dan terkhir 2 jt. si penipu memakai nama EKO BUDI PRIYATNA Rekening bank MUAMALAT dan NO HP 081998019678.,,tolong di share

    BalasHapus
  8. banyak penipu dari kartu xl.........benci saya

    BalasHapus
  9. ini ane habis beli kartu perdana XL klik
    pass habis daftar eh 1menitnya dapat kiriman sms isinya
    Slamat.No Anda Men-dpt HADIA PT.XL AXIATA Pin anda .... Edisi/Apr/2012
    Hub:Kantor 081998355525 H Edi Gunawan Pelaksana: +818

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 menit setelah registrasi? Parah juga modus penipuan lewat SMS ini ya.

      Hapus
  10. saya sangat benci sama promosi undian xl. kalau niat mau menipu gak usah deh pakai nyebut nama allah. gak usah deh sumpah - sumpah.pakai sumpah keluarganya berani mati ketabrak mobil lah loe menipu. dasar penipu gua doain loe apa perkataanmu sendiri jadi terkabul. aku doain keluarga anda beneran mati. karena orang yang teraniaya akan dapat balasan yang lebih. oke kalian boleh senang - senang karena sudah berhasil menipu banyak orang tapi itu semua tak akan bisa bertahan justru akan berbali jadi penderitaan yang sangat menyakitkan bagi si penipu. ingat itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut prihatin, Mbak. Tapi Mbak Septi sendiri gak kena tipu kan?

      Hapus