Senin, 19 Oktober 2009

Mengejar Lowongan Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) kembali membuka lowongan. Seleksi penerimaan calon pegawai melalui PCPM XXIX sudah dibuka. Pelamar yang berminat dapat masuk ke situs http://www.rekrutmenbi.com/ dan melakukan pendaftaran online.

Terus terang kesempatan untuk bergabung di BI merupakan kesempatan yang menarik. 2 (dua) tahun yang lalu, tahun 2007, saya mencoba melamar. Saat itu untuk pertama kalinya saya mencoba melamar ke BI. Lowongan yang dibuka saat saya melamar itu tidak hanya untuk PCPM, tapi juga untuk MLE. Saya memutuskan untuk tidak tanggung-tanggung dan memilih MLE. Peluang diterima di MLE memang lebih kecil karena seingat saya posisi yang ditawarkan hanya untuk 12 orang saja.

Proses seleksi BI saat itu membutuhkan waktu yang lama. Untuk menunggu hasil seleksi per tahap saja kadang butuh waktu bulanan. Jadi wajar saja untuk mengikuti proses seleksi sampai selesai itu setiap pelamar perlu bersabar menanti kabar selama berbulan-bulan.

Tahap dalam seleksi penerimaan pegawai yang saya ikuti di tahun 2007 adalah sebagai berikut:
  1. Registrasi: 54.000 lebih pelamar terdaftar.
  2. Seleksi Administrasi: 17.574 pelamar bertahan.
  3. General Aptitude Test: 2.592 pelamar bertahan (untuk daerah Jakarta).
  4. Tes Pengetahuan Tertulis.
  5. Tes Bahasa Inggris dan Psikotes.
  6. Tes Pemeriksaan Kesehatan dan Psikiatri.
  7. Wawancara.
Tahap dalam seleksi penerimaan pegawai berdasarkan FAQ di situs registrasi online di atas (http://www.rekrutmenbi.com/FAQ.html#17) adalah sebagai berikut:
  1. Aplikasi Online.
  2. Tes Bahasa Inggris.
  3. Tes Psikometri.
  4. Tes Pengetahuan Umum.
  5. Diskusi Grup.
  6. Wawancara.
Perbedaan terbesar ada pada urutan tes yang dilakukan. Itu pun kalau memang urutannya seperti di atas. Tahap-tahap proses seleksinya sendiri tidak jauh berbeda. Di tahun 2007 juga ada bagian diskusi grup. Seingat saya diskusi grup itu dilakukan pada rentang waktu yang sama dengan Tes Pengetahuan Tertulis.

Persiapan untuk menjalani proses seleksi ini sebaiknya tidak setengah-setengah. Saya sendiri menyesali kegagalan saya karena saya merasa persiapan saya tidak maksimal. Saya bermaksud membeberkan kembali pengalaman proses seleksi yang sudah saya jalani untuk membantu persiapan seleksi. Sayangnya pengalaman ini akan saya beberkan dalam tulisan yang terpisah. Bagi yang berminat silakan menunggu tulisan selanjutnya.

Update (16 September 2012)
Berhubung tulisan ini terkait erat dengan pengalaman saya mengikuti seleksi penerimaan pegawai Bank Indonesia di tahun 2007, saya tidak lagi merasa kompeten menjawab pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, bagian komentar untuk blog post ini saya tutup. Harap maklum.

20 komentar:

  1. saya mau tanya., masudnya persiapan anda setengah2 apa? hehe..maap soalnya saya jg mau coba seleksi BI..

    oia kalo ikut seleksi BI, ada sistem blacklist ga?masudnya utk orang yg pernah ikut dan gagal, atau orang yg dapat kesempatan ke tahap berikutnya tapi tidak melanjutkan.. terimakasih..

    salam,,
    SL

    BalasHapus
  2. Untuk masalah persiapan, dedikasikan waktu Anda untuk membangun kompetensi yang sesuai dengan bidang yang Anda lamar. Hal ini sebenarnya lebih saya tujukan pada lowongan pelamar untuk MLE. Di MLE itu dicari pelamar yang kompetensinya maksimal. Jadi jangan sampai kita hanya mengandalkan pengetahuan yang kita punya saat ini, tapi juga menyempatkan diri untuk menggali informasi lebih dalam.

    Dalam konteks tidak setengah-setengah ini, saya juga sarankan cari informasi lebih banyak tentang BI dan temukan peran Anda bila Anda diterima di BI nanti. Jadi saat wawancara Anda bisa unjuk gigi dengan tidak hanya memperlihatkan kompetensi, tapi juga memperlihatkan betapa berharganya Anda bagi BI.

    Untuk masalah blacklist saya gak tahu. Saya belum pernah mengulang ikut seleksi BI dan belum pernah mendengar masalah blacklist tersebut.

    BalasHapus
  3. bedanya MLE sama PCPM apa mas ya? share pengalamannya pas focus group discuccionnya kemarin dong :)

    thx

    BalasHapus
  4. MLE (Multi Level Entry) itu setahu saya langsung membuka lowongan untuk posisi dengan kompetensi yang spesifik. Sepertinya MLE itu memang direkrut untuk mengisi posisi-posisi tertentu saja. Jadi kompetensi pelamar MLE itu benar-benar diperhatikan.

    Sementara untuk PCPM (Pendidikan Calon Pegawai Muda) sepertinya lebih umum. Saya lebih suka mengibaratkan PCPM ini seperti program management trainee. Jadi setiap pelamar PCPM pada dasarnya diarahkan untuk regenerasi tanpa melihat posisi yang spesifik.

    Untuk diskusi grup, seingat saya masalah yang didiskusikan itu umum. Jadi semua peserta diskusi dapat memberikan pendapat mereka masing-masing. Intinya tentu saja aktif, tapi tidak asal bicara. Jangan ragu untuk menyuarakan pendapat tapi juga jangan asal-asalan. Itu yang saya lakukan saat diskusi grup.

    BalasHapus
  5. mas amir, kalo status pelamar kerja sebagai vendor BI khususnya dibidang IT boleh ikut serta dalam test PCPM juga gak?
    vendor BI maksudnya perusahaan yang mengerjakan project/tender di BI.

    BalasHapus
  6. Maaf telat balas. Kayaknya menjadi vendor BI bukan alasan untuk tidak diperbolehkan ikut PCPM. Sepertinya tidak ada korelasinya tuh.

    BalasHapus
  7. Mas Amir, mau tanya..

    Untuk wawancaranya BI itu akan ditanya seputar apa ya?

    thanks

    -dy-

    BalasHapus
  8. Saat itu (lewat seleksi MLE) saya memilih melamar posisi yang terkait dengan Data Warehouse. Jadi saat wawancara pertanyaannya berkutat pada topik data warehouse. Pertanyaannya bahkan (menurut saya) terbilang teknis. Intinya untuk menggali tingkat pemahaman saya tentang data warehouse.

    Sementara untuk PCPM kemungkinan besar kasusnya tidak seperti ini. Pelamar PCPM itu ibaratnya masuk untuk melamar program management trainee di sebuah perusahaan. Jadi saya yakin pertanyaannya tidak akan terlalu bersifat teknis.

    BalasHapus
  9. Terima kasih Mas Amir atas jawabannya.
    Satu lagi nih mau nanya, kalo utk FGD nya itu sistemnya gimana ya? yg saya tau utk FDD dibagi2 perkelompok membahas suatu masalah dan mempresentasikannya. Dulu waktu Mas Amir tes MLE, 1 kelompok dibagi jd brp org ya? Karena yg aku tau utk PCPM ini tersisa 500 org, sementara waktunya hanya 2 hari saja..

    Sori mas kalo byk nanya..thanks ya..
    -dy-

    BalasHapus
  10. Focus Group Discussion? Seingat saya 1 kelompok berisi 6 orang yang didampingi 1 orang fasilitator. 500 orang untuk 2 hari sepertinya masih normal. Kalau gak salah setiap sesi FGD itu tidak sampai 2 jam.

    Anggaplah setiap hari ada 8 jam, yaitu 4 sesi. Dalam 2 hari berarti ada 8 sesi. Setiap sesinya ada 500 orang dibagi 8 sesi, misalnya 60 orang. Kalau 1 kelompok ada 6 orang berarti di setiap sesi ada 10 kelompok. Menurut saya 10 kelompok per sesi masih wajar.

    BalasHapus
  11. ok thanks mas arif jawabannya..sangat membantu sekali.
    -dy-

    BalasHapus
  12. Jawabannya yang arif? :)

    BalasHapus
  13. Mas amir mau tanya untuk tes psikometrik soalnya seperti apa ya? apakah sama dengan psikologi?
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. Terus terang saya masih bingung membedakan antara tes psikometrik, tes psikologi, atau psikotes. Yang saya tahu sih tes psikometrik itu sama dengan psikotes. Contoh soalnya bisa ditemukan di berbagai toko buku yang menjual buku latihan psikotes.

    Soal-soal psikotes itu adalah soal-soal umum yang terkait dengan kecerdasan dan kemampuan memecahkan masalah. Ada soal berhitung, soal bahasa, soal gambar, dll.

    Sementara untuk tes psikologi (psikiatri) itu murni tentang kepribadian. Soal-soal tes psikologi ini setahu saya lebih banyak memilih apa yang merefleksikan kepribadian kita. Misalnya di satu soal kita perlu memilih antara A dan B, mana yang lebih cocok menggambarkan diri kita.

    Itu perbedaan yang saya pahami. Sebelumnya maaf kalau kurang jelas. Semoga membantu.

    BalasHapus
  15. mas amir,

    berhasilkah jadi pegawai BI nya?:D
    saya saat ini jg lagi nunggu jadwal wawancara BI PCPM XXX.
    lama bgt keluar jadwalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gagal donk. :-D

      Lama ya? Berarti masih punya kesempatan mengasah keterampilan menghadapi wawancara nanti. Semoga sukses. :-)

      Hapus
    2. kemaren ga nyoba lagi di MLE XXX ini mas? :D memang udah selesai tesnya untuk MLE,ada 35 orang.

      mengasah keterampilan? apa PCPM juga dites untuk keahlian teknisnya? saya kebetulan mirip sama mas amir bidangnya, data warehouse dan datamining :D

      Hapus
    3. Saya sudah mendapat pekerjaan tetap. Untuk saat ini, saya gak mau pindah-pindah dulu. :-)

      Kabarnya sih yang ada tanya jawab teknis itu cuma MLE aja. Di PCPM sih pertanyaannya gak spesifik ke teknis. Keterampilan yang saya maksud tentunya keterampilan menjawab pertanyaan saat wawancara. :-)

      Hapus
    4. big thanks mas amir:) sukses selalu yah :)

      Hapus
    5. You're welcome. Sukses juga untuk Anda. :-)

      Hapus