Minggu, 15 November 2009

Konfigurasi GPRS AXIS untuk Nokia 6151

Konfigurasi GPRS AXIS di Nokia 6151 agar handphone ini dapat terhubung ke Internet dapat dilakukan secara otomatis. Situs AXIS menyediakan mekanisme konfigurasi otomatis yang mudah dilakukan di http://webconfig.axisworld.co.id/index.php.

Di halaman tersebut kita cukup memilih tipe handphone yang tepat, kemudian pilih Layanan GPRS, dan terakhir memasukan nomor AXIS kita yang sudah aktif di handphone Nokia 6151 kita. Setelah kita kirim data tersebut, AXIS akan segera mengirim SMS notifikasi dan konfigurasi GPRS ke nomor AXIS kita. Selanjutnya kita hanya perlu konfirmasi agar konfigurasi GPRS tersebut dapat langsung digunakan. Dengan langkah-langkah ini kita sudah dapat menggunakan WAP Browser di handphone Nokia 6151 kita untuk berselancar di Internet.

Akan tetapi konfigurasi ini tidak cukup jika kita ingin menggunakan aplikasi lain untuk mengakses Internet, misalnya jika kita ingin menggunakan Opera Mini atau aplikasi Gmail berbasis Java. Kita perlu melakukan konfigurasi access point Nokia 6151 agar aplikasi-aplikasi selain WAP Browser pun dapat mengakses Internet lewat AXIS.

Cara konfigurasi access point itu adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke dalam menu, kemudian pilih "Settings".
  2. Pilih "Configuration".
  3. Pilih "Personal Configuration Settings".
  4. Pilih "Add New".
  5. Pilih "Access Point".
  6. Pilih "Access Point Settings".
  7. Pilih "Bearer Settings".
  8. Pilih "Packet Data Access Point".
  9. Masukan data berikut,
    Access Point Name: AXIS,
    Username: AXIS,
    Password: 123456,
    kemudian pilih "OK".
  10. Kita akan melihat pilihan Access Point yang sudah kita konfigurasi.
  11. Pilih "Options", kemudian pilih "Activate".
Perlu diperhatikan bahwa data konfigurasi di atas saya dapatkan dari http://webconfig.axisworld.co.id/manual.php pada tanggal 21 Oktober 2009. Untuk mendapatkan konfigurasi yang terbaru, silakan akses kembali link tersebut. Bila konfigurasi access point sudah benar, kita sudah dapat menggunakan aplikasi-aplikasi dalam handphone Nokia 6151 untuk mengakses Internet, baik yang berbasis Java maupun yang tidak. Singkat kata, Opera Mini sudah dapat digunakan untuk mengakses Internet.

Selamat berselancar!

--
Versi PDF: http://www.4shared.com/file/179327281/811a8f1e/KonfigurasiGPRSAXISuntukNokia6.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar