Minggu, 20 Desember 2009

Review: Samsung Corby Touch Screen

Sudah lima hari saya menggunakan Samsung Corby Touch (Touch Screen) dan kesimpulannya adalah saya tidak kecewa. Kalau saya bisa memberi nilai dalam skala 10, Corby Touch akan saya beri nilai 8. Ada beberapa kelemahan dan kelebihan yang saya bisa paparkan di bawah ini.

Ada 3 kelemahan yang saya ingin garis bawahi pada Corby Touch, yaitu navigasi saat edit teks, kecepatan aplikasi Java, dan blitz kamera. Navigasi saat edit teks benar-benar menyebalkan. Kalau ada kesalahan ketik di tengah-tengah teks Anda, misalnya saat mengetik SMS, Anda akan kesulitan memindahkan kursor ke karakter yang salah. Akurasi touch screen untuk memindahkan kursor ke karakter tertentu di tengah-tengah teks benar-benar tidak bisa diandalkan.

Kecepatan aplikasi Java sebenarnya tidak mengecewakan. Sayangnya kemampuan Corby Touch untuk menjalankan ebuddy terbilang mengecewakan. Kecepatan respon ebuddy terhadap klik termasuk lambat. Oleh karena itu saya masih menganggap kecepatan aplikasi Java di Corby Touch ini sebagai kelemahan. Kelemahan terakhirnya adalah tidak ada blitz kamera. Foto di tempat tanpa cahaya memadai bukanlah pilihan.

Sementara untuk kelebihan, saya menggarisbawahi 4 kelebihan pada Corby Touch. Kelebihan-kelebihan ini adalah baterai, kamus, widget, dan smart unlock. Daya tahan baterai Corby Touch lebih dari 2 hari. Kamus (Inggris-Inggris) cukup handal untuk dijadikan referensi. Widget untuk Twitter dan Facebook mempermudah melakukan update dan melihat update terbaru dari jaringan sosial kita.

Kelebihan yang terakhir dan jarang saya temukan adalah smart (gesture) unlock. Dengan fitur ini, unlock dapat dilakukan dengan menggambar alfabet tertentu pada touch screen. Saya rasa Zorro akan menyukai fitur ini karena dia dapat memilih huruf Z untuk melakukan unlock pada Corby Touch ini.

Hanya itu review singkat yang bisa saya berikan untuk melengkapi berbagai review lain yang bertebaran di Internet. Terus terang kelemahan yang paling utama adalah masalah navigasi pada teks. Saya terpaksa berhati-hati saat mengetikan teks. Mengetik pun menjadi lebih lambat. Bagi beberapa orang kelemahan ini bisa jadi krusial dan akan membuat mereka beralih ke versi qwerty.

--
* Gambar diambil dari http://warungponsel.blogspot.com/2009/11/samsung-corby-dengan-touchscreen.html

5 komentar:

  1. Satu lagi kekurangan samsung : harga jualnya yang rendah..

    BalasHapus
  2. ngomong2 berapa gan harganya...

    BalasHapus
  3. Terakhir lihat di Lotte Mart harga barunya sekitar 1,2 jutaan.

    BalasHapus
  4. Samsung Corby Touchscreen ni emang menggiurkan, cuma denger2 katanya nggak bisa download atau ganti theme.but, tulisan yang bermanfaat nih. nambah-nambah referensi. makasih om atas sharingnya.
    Saya juga ada nulis dikit nih om tentang game hp N73 , silahkan dikunjung. he..he

    makasih om

    BalasHapus
  5. menyiksa banget sih bagi yang suka ganti tema tiap hari kayak aku, tapi kekuatan batrainya bisa ngegantiin rasa kecewaku dengan hape SE w508-ku yang dulu

    BalasHapus