Minggu, 14 April 2024

Memahami 85% Kosakata Al-Qur'an

Saya dan anak-anak saya membuat daftar kata yang mencakup 85% kata-kata dalam Al-Qur'an. Daftar kata itu tidak kami buat dari 0, tapi kami merujuk ke daftar kata yang sebelumnya dibuat oleh Arabic101 (arabic101.org). Daftar kata yang dibuat oleh Arabic101 tidak benar-benar tersedia dalam bentuk daftar. Arabic101 menyediakannya dalam bentuk video tutorial yang tersedia di kanal YouTube-nya (@Arabic101) dan juga dalam bentuk course di aplikasi MemRise.

Tutorial Arabic101 Di YouTube

Di YouTube, tutorial yang dibuat oleh Arabic101 lebih lengkap dari sekedar daftar kata karena isinya menjelaskan arti kata yang disertai contoh-contohnya di dalam ayat-ayat Al-Qur'an. Melalui contoh-contoh itu, kita bisa melihat konjugasi setiap kata. Di aplikasi MemRise, berhubung saat ini MemRise sedang melakukan restrukturisasi coursecourse dengan jenis community yang dibuat oleh Arabic101 akan dikeluarkan dari aplikasi dan sepertinya hanya bisa diakses lewat situsnya.

Course Arabic101 Di MemRise

Daftar kata yang kami buat, kami ambil (copy-paste) dari course Arabic101 yang ada di MemRise. Kami ambil semua kata dalam Bahasa Arab yang tersedia di dalam course itu beserta terjemahan Bahasa Inggrisnya. Setelah itu, kami tambahkan terjemahan Bahasa Indonesianya secara manual dengan bantuan kamus online seperti المعاني (Al-ma'aaniy di almaany.com) atau Google Translate. Hasilnya dapat dilihat dalam tangkapan layar di bawah ini.

Daftar Kata untuk 85% Kata dalam Al-Qur'an

Daftar kata itu dapat diakses lewat tautan ini: Arabic101-Quran-Words-85-Percent.xlsx. Kami membuatnya dalam bentuk spreadsheet agar daftar kata itu dapat diimpor atau diolah kembali untuk digunakan di aplikasi lain. Kami sendiri mengimpornya ke dalam aplikasi Lexilize sebagai sarana latihan kami sehari-hari.

Lexilize dengan Mode Belajar "Type It"

Daftar kata yang kami buat itu dapat diunduh dan diolah kembali sesuai kebutuhan. Bila ada kesalahan dalam teks atau terjemahan, mohon kabari kami agar kami dapat melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Bila ada kritik atau saran, silakan sampaikan lewat komentar di post ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar