Senin, 15 Juni 2009

Benarkah Joko Susilo Bukan Penipu?

Joko Susilo bukan penipu. Joko Susilo tidak mengeksploitasi kelalaian orang. Joko Susilo tidak menggembar-gemborkan rahasia bisnis Internet yang palsu. Joko Susilo benar-benar mendapatkan penghasilan 70 juta Rupiah per bulan.

Sebagian orang boleh bilang begitu, tapi sebagian orang lain berpendapat sebaliknya.

Joko Susilo ADALAH penipu. Joko Susilo mengeksploitasi kelalaian orang yang ingin mendapatkan uang dengan cepat. Joko Susilo hanya bisa bicara padahal isi rahasia bisnis Internet miliknya bodong. Joko Susilo belum tentu mendapatkan penghasilan 70 juta Rupiah per bulan.

Pro-kontra itu ada dan sepertinya masih ada sampai saat tulisan ini saya buat.

Bagaimana dengan Anda?

Sebelum saya membicarakan masalah tipu tidak tipu ini lebih lanjut, saya perlu tegaskan bahwa penipuan itu pada dasarnya bersifat subjektif. Kenapa? Kasus penipuan hanya ada kalau ada korban yang merasa dirinya tertipu. Kalau tidak ada korban yang merasa tertipu maka tuduhan penipuan pun menjadi tidak terbukti.

Saya bukan pelanggan formula bisnis Joko Susilo. Itu artinya saya juga sudah pasti bukan termasuk salah satu korban penipuan Joko Susilo. Walaupun begitu tidak sedikit yang merasa dirinya ditipu oleh formula bisnis SMUO (Sistem Mesin Uang Otomatis). Saya tidak akan kutip komentar-komentar tersebut di sini. Kalau memang ada yang berminat melihat komentar-komentar tersebut, silakan Googling dengan kata kunci berikut:
  • joko susilo penipu
  • formula bisnis penipu
  • bisnis internet penipu
Hasil pencarian yang Google berikan dapat memberikan informasi yang cukup komprehensif asalkan Anda berkenan membaca lebih dari satu hasil pencarian tersebut. Kata kunci "penipu" bukan bermaksud mengindikasikan bahwa Joko Susilo dan pelaku usaha sejenis adalah penipu. Kata kunci itu hanya bertujuan untuk meningkatkan akurasi pencarian.

Saya akan kembali ke topik. Kenapa judul tulisan ini "Joko Susilo Bukan Penipu"? Alasannya sederhana; saya tidak pernah merasa ditipu oleh Joko Susilo. Tapi alasan utamanya adalah untuk menarik perhatian pembaca sehingga berkenan mengunjungi blog saya.

Sekarang saya akan benar-benar kembali ke topik. Alasan saya menyatakan bahwa Joko Susilo bukan penipu adalah agar saya dapat melihat permasalahan penipuan ini tanpa emosi yang berlebihan. Kalau saya sudah terlanjur kesal, paparan saya di bawah ini akan semakin subjektif.

Mari kita cermati bersama-sama apakah Joko Susilo itu penipu atau bukan.

Saya menyempatkan diri mengunjungi situs www.formulabisnis.com. Sepertinya situs ini merupakan muara dari segala sesuatu berbau formula bisnis Joko Susilo. Apa yang saya temukan di situs itu? Yang saya temukan bukan penipuan. Yang saya temukan adalah metode pemasaran yang umum, antara lain:
  • Mengedepankan keunggulan formula bisnis SMUO Joko Susilo.
  • Memberikan garansi uang kembali.
  • Memberikan potongan harga khusus.
Menurut saya semua itu umum dilakukan oleh tenaga pemasaran mana pun. Walaupun begitu, situs tersebut memiliki dua kejanggalan utama, antara lain:
  • Tidak ada data kontak yang jelas.
  • Pengakuan penggunaan produk juga tanpa data kontak yang jelas.
Kalau ada produk yang dipasarkan tanpa meninggalkan data kontak yang jelas, apa yang dapat kita lakukan bila produk yang kita beli gagal/bermasalah saat digunakan? Apa pun masalah yang terjadi di masa depan tentu akan lebih mudah diselesaikan bila ada pihak yang dapat dihubungi untuk meminta penjelasan.

Akan tetapi mengapa ada orang-orang (baca: pelanggan) yang merasa ditipu oleh Joko Susilo? Hasil analisa saya membawa saya kepada beberapa kesimpulan sebagai berikut:
  • Joko Susilo menyatakan bahwa formula bisnis dia mudah. Di lain pihak ada orang-orang yang merasakan sebaliknya.
  • Joko Susilo menyatakan bahwa pendapatan yang dia dapatkan berjumlah besar. Sayangnya ada orang-orang yang kecewa karena pendapatan yang diharapkan tidak seperti iming-iming tersebut.
  • Joko Susilo menyatakan menjual sebuah formula bisnis (produk). Ternyata orang-orang harus kecewa karena yang dia jual hanya sebuah e-book dan cara reselling (menjual kembali) e-book itu pada orang lain.
  • Joko Susilo sulit dihubungi saat orang-orang yang dia kecewakan ingin mendapatkan penjelasan mengenai produknya.
Mungkin alasan-alasannya masih berlanjut, tapi saya rasa contoh-contoh di atas sudah cukup mewakili maksud yang ingin saya sampaikan.

Khusus untuk metode reselling di atas, saya melihatnya seperti MLM (Multi Level Marketing) yang bermain uang. Perbandingannya adalah sebagai berikut:
  • Anda membayar sejumlah uang untuk membeli produk. Ini ibarat membayar sejumlah uang untuk bergabung ke dalam piramida MLM tersebut.
  • Anda mencari pelanggan baru untuk membeli produk dari Anda. Ini ibarat mencari downline bagi diri Anda sendiri.
  • Anda mendapatkan keuntungan dari downline dan berbagi keuntungan dengan upline. Ini adalah metode dasar pendapatan MLM.
Kalau perbandingan saya di atas memang benar, maka cara Joko Susilo mendapatkan penghasilan pada dasarnya hanya dengan bermain uang. Itu artinya semakin banyak orang yang mengeluarkan uang untuk membeli formula bisnis Joko Susilo, semakin banyak penghasilan yang dia dapatkan.

Dari semua yang saya sampaikan di atas, saya tetap mengatakan Joko Susilo bukan penipu karena saya tidak pernah ditipu oleh dia. Saya pun berharap tidak ada lagi yang mengatakan Joko Susilo adalah penipu karena memang tidak ada lagi yang tertipu oleh dia. Harapan terbesar saya adalah semoga Joko Susilo menyadari bahwa tidak sedikit orang yang menyumpahi dia sehingga dia bisa memperbaiki cara dia memperoleh penghasilan dari Internet.

--
Versi PDF tulisan ini: http://www.4shared.com/file/116454394/641e1acf/BenarkahJokoSusiloBukanPenipu.html

12 komentar:

  1. Ada informasi sejenis di sini: http://carabisnis2009.wordpress.com/2009/01/25/penipuan-formulabisnis-diungkap/

    BalasHapus
  2. Ada perdebatan cukup sengit di sini: http://forum.detik.com/showthread.php?t=77655

    BalasHapus
  3. Ada e-book formula bisnis SMUO dan sejenisnya yang dapat diunduh dengan gratis di sini: http://downloadgratisuangpanas.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Ada surat terbuka untuk Joko Susilo di sini: http://ajimonoarfa.wordpress.com/2009/01/10/surat-terbuka-untuk-joko-susilo/

    BalasHapus
  5. Ada informasi lain yang juga sejenis dengan tulisan saya di sini: http://lhyta-business.blogspot.com/2008/11/beware-of-this-type-of-business.html

    BalasHapus
  6. btw mir, yg di http://downloadgratisuangpanas.blogspot.com/ kayaknya isinya bahaya deh.. pas mo nge-klik page disitu ada salah satu pop-up yang yg di blok sm blocker di kantor krn ktnya bs nyuri informasi..
    tp klo diliat dr isi websitenya emang dah curiga sih.. iklan dimana2x.. kyk situs warez aja :P

    BalasHapus
  7. Page mana yang diklik, Pak? Iklannya emang banyak. Kemungkinan pop-up yang muncul juga iklan tuh. Terima kasih atas peringatannya.

    BalasHapus
  8. Buat para newbie yg mau bisnis internet, mohon jangan beli produk via internet. Klo pun anda mau, cari yg gratisan, kayak http://www.mesinpencarian.co.cc, membagikan 50 script bisnis internet (semacam script SMUO, dll) bisa anda download gratis tanpa bayar dan tanpa basa-basi. Buruan download...semua filenya dibagikan gratis agar tidak terjadi banyak penipuan melalui jual produk di internet.

    BalasHapus
  9. Tambahan link.

    http://ebooksampah.co.cc/index.html

    Semoga mencerahkan.

    BalasHapus
  10. FORMULA NGISING WKWKWKW

    BalasHapus
  11. Mantap infonya. Kalo boleh ane nambahin satu lagi gan, peluang usaha rumahan secara online yang sedang booming, bisnis produk pasutri rekomendasi Boyke Dian Nugraha. silahkan kunjungi (abeprofit.com). Terima Kasih

    BalasHapus
  12. Salam kenal, Saya Newbie Nekad...Kasus Joko Susilo ini bisa ber efek buruk buat semua web affiliasi yang lain ya gan... Padahal web tersebut bukan punya "anak buah" joko susilo. Seperti web saya kejarbisnis.com , saya beli script affiliasi dari mas Lutvi Avandi. Silahkan visit gan...

    BalasHapus