Senin, 28 November 2011

3 Jam Bersama Rasulullah

Dua hal yang saya rasa perlu saya lakukan sebelum saya meninggal dunia adalah membaca terjemah Al-Qur'an sampai selesai dan membaca kitab Sirah Nabawiyah. Yang pertama, yaitu membaca terjemah Al-Qur'an, masih berjalan sampai surat keenam (Al-An'aam). Sementara yang kedua, yaitu membaca kitab Sirah Nabawiyah, belum saya mulai sama sekali. Kedua hal tersebut saya perlu saya lakukan demi pemahaman yang lebih komprehensif terhadap Islam. Saya yakin saya akan menjadi seorang Muslim yang lebih baik bila saya mampu memahami firman-firman Allah dan mengenal karakter dan kehidupan Rasulullah Muhammad SAW. Alhamdulillah saya menemukan sebuah alternatif untuk Sirah Nabawiyah, yaitu film The Message. Kata "alternatif" rasanya kurang tepat, tapi film ini berhasil memberikan pengalaman yang luar biasa dalam usaha saya mengenal Rasulullah Muhammad SAW.

Film The Message ini merupakan ringkasan super singkat dari perjalanan panjang kehidupan Rasulullah Muhammad SAW mulai dari turunnya wahyu untuk pertama kalinya sampai dengan haji terakhir beliau. Beberapa peristiwa penting dalam sejarah kenabian ada di dalam film ini antara lain hijrah ke Habasyah, usaha pembunuhan Rasulullah, hijrah ke Madinah, perang Badr, perang Uhud, perjanjian Hudaibiyah, dan penaklukan kembali kota Makkah oleh kaum Muslimin.

Cerita dalam film ini benar-benar mengena di hati saya. Yang pertama adalah cerita tentang penindasan terhadap orang-orang yang pertama kali memeluk Islam. Di dalam film ini digambarkan keteguhan hati orang-orang yang bersedia memeluk Islam sampai mereka rela meregang nyawa untuk mempertahankan Islam di dalam hati mereka. Berikutnya adalah perjalanan panjang menuju Habasyah yang dilakukan kaum Muslimin untuk menghindari berbagai siksaan dari masyarakat di kota Makkah. Banyak sekali gambaran penderitaan kaum Muslimin pada masa ini sampai saya pun tersadar untuk bersyukur bahwa saya bisa memeluk Islam dengan tanpa rasa takut terhadap apa pun.

Berikutnya adalah tentang hijrah Rasulullah ke Madinah saat orang-orang di Makkah bermaksud membunuh beliau. Begitu besar pengorbanan para sahabat untuk Rasulullah, terutama 'Ali dan Abu Bakar, dalam proses hijrah ini. Akan tetapi, peristiwa yang benar-benar luar biasa adalah saat Rasulullah terpojok di sebuah gua saat sedang diburu. Yang menjadi "penyelamat" beliau hanyalah sebuah sarang laba-laba yang terangkai apik di mulut gua tempat Rasulullah Muhammad SAW bersembunyi. Sarang laba-laba ini yang memberi kesan bahwa tidak ada yang masuk ke dalam gua tersebut dan membuat para pemburu nyawa Rasulullah berbalik dan meninggalkan gua tersebut. Allahu Akbar!

Pasca keberhasilan Rasulullah hijrah ke Madinah, film The Message ini pun mulai memperlihatkan tanda-tanda kebangkitan Islam antara lain dengan kemenangan kaum Muslimin di perang Badr. Kebangkitan Islam memang tidak instan dan hal ini terlihat cukup jelas lewat kekalahan kaum Muslimin di perang Uhud dan terwujudnya perjanjian Hudaibiyah. Perjanjian Hudaibiyah ini yang menjadi titik awal kebangkitan Islam yang hakiki karena perjanjian Hudaibiyah ini memungkinkan penyebaran Islam secara damai. Allahu Akbar!

Klimaks dari film ini adalah penaklukan kota Makkah (Mekah). Bala tentara kaum Muslimin yang sangat dominan itu tidak merusak atau membabi buta membasmi orang-orang yang menentang Islam. Kota Makkah berhasil direbut kembali tanpa pertumpahan darah. Sebuah kemenangan yang elegan dan begitu memukau. Ka'bah pun berhasil dikuasai kaum Muslimin dan dibersihkan dari berbagai berhala yang sudah lama menghuni Ka'bah. Takbir pun dikumandangkan di kota Makkah tanpa ada ancaman atau tekanan barang sedikit pun. Peristiwa ini adalah peristiwa yang luar biasa. Bahkan saya berharap dapat menjadi bagian dari kaum Muslimin saat itu.

Film ini pun ditutup dengan khutbah terakhir Rasulullah. Sebuah khutbah yang begitu memilukan hati karena kita semua tahu bahwa dunia ini akan kehilangan satu manusia yang sangat mulia di mata Allah. Manusia yang sangat dicintai kaum Muslimin karena keteguhannya dan keteladanannya dalam menyebarkan Islam sampai ke hati kita masing-masing. Sulit sekali menahan tangis saat menonton adegan haji terakhir Rasulullah ini.

Film The Message ini insya Allah akan menjadi tontonan yang berkesan dan sulit dilupakan. Film dengan durasi 3 jam ini berhasil membawa saya satu langkah lebih dekat ke dalam kehidupan Rasulullah SAW. Efek visual yang ditawarkan oleh sebuah film pun lebih mengena ketimbang sekedar membaca rentetan kata dalam sebuah buku atau kitab.

Sedikit Trivia

Satu hal unik dari film ini adalah film ini dibuat dalam dua versi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Akan tetapi, versi bahasa Arabnya bukan sekedar dubbing dari versi bahasa Inggris. Dua versi film ini ibarat dua film yang berbeda. Untuk setiap pengambilan adegan dalam film ini, aktor dan aktris berbahasa Inggris bergantian dengan aktor dan aktris berbahasa Arab. Hasilnya adalah dua film dengan plot yang sama dan adegan yang sangat mirip. Tetap ada perbedaan antara film versi bahasa Inggris dengan film dengan versi bahasa Arab, tapi perbedaan-perbedaan ini sama sekali tidak merubah plot film ini.

Download Link

Bagi yang berminat menonton film tahun 1977 ini dapat mengunduhnya dari sini:
Perlu saya informasikan bahwa The Message versi bahasa Arab di atas terbagi menjadi 14 bagian. Sayangnya ada beberapa adegan yang hilang di antara bagian-bagian tersebut. Sementara The Message versi bahasa Inggris lengkap dari awal hingga akhir tanpa ada adegan yang hilang.

2 komentar:

  1. Membaca Sirah Nabawiyah membuat kita semakin cinta dengan Islam dan Rasulullah.. Bahkan Jleb bngt kl baca kisah Para Shahabat, jadi agak malu kl suka ngeluh hal2 yg sepele.. Coba deh baca Karakteristik Peri Hidup 60 Shahabat Rasulullah by CV. Diponegoro, perjalanan singkat para Sahabat tp dikemas lengkap.. love that book much :)

    BalasHapus
  2. Link mediafire-nya dah tewas. Nyoba load bagian 1 keluar error. :D

    BalasHapus