Rabu, 12 Mei 2010

Mengejar Lowongan Kementerian Keuangan

Update (12 Mei 2010 13:56)
Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK):
http://bagaimana-cara.blogspot.com/2009/04/membuat-surat-keterangan-catatan.html
Cara Membuat Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning):
http://bagaimana-cara.blogspot.com/2009/01/membuat-kartu-tanda-pencari-kerja-kartu.html
---

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) -sebelumnya Departemen Keuangan (Depkeu)- kembali membuka lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tingkat sarjana di tahun 2010 ini. Pengumuman resminya ada di sini: http://ppcpns.depkeu.go.id/pengumuman_reg.asp. Persyaratan resminya ada di sini: http://ppcpns.depkeu.go.id/Persyaratan.asp.

Lewat post ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya saat mengejar lowongan yang sama tahun 2008 lalu. Seperti lowongan CPNS pada umumnya, seleksi lowongan CPNS Kemenkeu pun melewati beberapa tahap. Tahap-tahap tersebut antara lain:
  1. Seleksi Administrasi.
    Pada tahap ini setiap pelamar diharuskan menyerahkan berkas sesuai persyaratan yang diumumkan. Saat itu berkas pelamar diserahkan langsung, berbeda dengan lowongan tahun 2010 yang mengharuskan berkas dikirim lewat pos. Satu tips yang bisa saya berikan kepada sarjana Ilmu Komputer. Anda diharuskan memilih salah satu jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika, atau Sistem Informasi. Di berkas lamaran Anda, pilih salah satu jurusan dan siapkan surat pernyataan dari almamater Anda yang mendukung jurusan pilihan Anda.
  2. Tes Potensi Akademik (TPA).
    Persiapan yang saya lakukan adalah dengan berlatih soal-soal. Soal-soal seperti ini dapat dibeli di toko buku terdekat. Pentingnya berlatih soal-soal TPA ini adalah untuk menghidupkan kembali sel-sel otak kita yang sudah berkarat. Perlu diperhatikan bahwa TPA ini mungkin saja dibarengi tes bahasa Inggris.
  3. Psikotes.
    Satu-satunya tips yang bisa saya berikan adalah berlatih.
  4. Tes Kesehatan dan Kebugaran.
    Di tahun 2008, tes kesehatan meliputi berat badan, tinggi badan, rabun, dan buta warna (kemungkinan ada tes lain yang lupa saya sebutkan). Tes kebugaran meliputi lari keliling lapangan sepak bola selama 12 menit dan sprint (lari cepat) membentuk angka 8.
  5. Wawancara.
    Anda akan masuk ke dalam instansi yang sedang melakukan reformasi. Di tahap wawancara ini, saya rasa seleksi dilakukan untuk memilih orang-orang dengan moral yang baik. Untuk tahap ini, saya sarankan jadi diri sendiri saja. Hanya saja jadilah diri sendiri yang baik.
  6. Laporan.
    Tahap terakhir dalam rangkaian seleksi. Tahap ini hanya untuk memastikan bahwa Anda yang terpilih memang benar-benar berniat bergabung dengan Kemenkeu.
Pada dasarnya tidak ada yang perlu ditakuti dalam rangkaian seleksi lowongan CPNS Kemenkeu ini. Yang penting -setelah doa- adalah mempersiapkan diri dengan baik, seperti berlatih soal-soal, menjaga kesehatan, atau berlatih bercerita pengalaman kerja (untuk wawancara). Semua proses seleksi yang saya alami sepertinya bebas dari campur tangan pihak-pihak yang licik. Jadi keberhasilan seorang pelamar mencapai penempatan di Kemenkeu adalah hasil jerih payah mereka sendiri.

Selamat mengejar lowongan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar