Rabu, 26 Agustus 2009

Menjelajahi Internet dengan OpenID

OpenID menyediakan fasilitas untuk mengelola satu identitas yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs di Internet. Dengan OpenID, kita dapat login ke berbagai situs Internet tanpa perlu melakukan registrasi berulang-ulang. Bagi mereka yang mengenal istilah "Single Sign-on", OpenID dapat diibaratkan sebagai fasilitas Single Sign-On di Internet.

Sayangnya kondisi ideal itu, yang memungkinkan kita untuk login ke SEMUA situs tanpa registrasi, hanya dapat tercapai bila SEMUA situs mendukung fitur OpenID ini. Sayangnya belum semua situs menyediakan fasilitas untuk login menggunakan OpenID dan masih menggunakan mekanisme login yang umum.

Seandainya dukungan terhadap OpenID ini disediakan oleh semua situs di Internet, baik pengelola situs maupun pengguna Internet dapat merasakan manfaatnya. Contoh sederhananya seperti ini. Saat kita sedang berselancar di Internet, kita menemukan sebuah situs menarik. Kita ingin berinteraksi lebih lanjut lewat situs tersebut, seperti meninggalkan komentar, ikut serta dalam survei, atau aktifitas lainnya yang memerlukan login.

Kita pun wajib registrasi dengan mengisi sekumpulan form, memikirkan username, memilih password, dan embel-embel lainnya. Padahal kita belum tentu akan sering mengakses situs itu. Niat kita saat ini sebenarnya hanya sekedar meninggalkan komentar; bahkan mungkin hanya sekali ini saja. Pada akhirnya kita membatalkan niat kita dan urung melakukan registrasi.

Dengan OpenID, semua kesulitan itu dapat diatasi. Seandainya situs tersebut mendukung OpenID, kita dapat langsung login dan melakukan apa yang kita inginkan. Hal ini jauh lebih sederhana bagi kita ketimbang harus registrasi terlebih dahulu. Situs yang kita akses itu pun pada dasarnya mendapatkan manfaat karena interaksi pengguna Internet secara tidak langsung akan meningkat.

Kondisi di atas mungkin tidak terlihat signifikan bagi banyak orang, tapi saya melihatnya sebagai langkah strategis menuju kesederhanaan dan peningkatan kualitas penggunaan Internet. Jadi saya pribadi mendukung penuh penyediaan dukungan oleh semua situs di Internet; terutama situs-situs yang banyak diakses orang.

Beberapa contoh nyata yang mudah ditemukan saat ini antara lain:
  • Kita dapat meninggalkan komentar di semua blog yang ada di Blogger (blog dengan domain *.blogspot.com) menggunakan OpenID.
  • Kita dapat berbagi file lewat 4shared menggunakan OpenID.
Tentunya masih banyak situs lain yang juga mendukung OpenID. Daftar situs yang sudah mendukung OpenID dapat ditemukan di sini: www.myopenid.com/directory.

Informasi lebih lanjut mengenai OpenID dapat ditemukan lewat openid.net. Daftar situs penyedia jasa OpenID dapat ditemukan di openid.net/get-an-openid/. Bukan tidak mungkin Anda sebenarnya sudah memiliki OpenID tanpa Anda sadari.

Cara penggunaan OpenID dapat ditemukan di openid.net/get-an-openid/start-using-your-openid/. Pada dasarnya OpenID berbentuk URL yang menjadi penunjuk lokasi identitas Anda di Internet. URL itu yang akan digunakan untuk login di situs-situs yang mendukung fasilitas login dengan OpenID.

Selamat menggunakan OpenID!

--
Versi PDF: http://www.4shared.com/file/135017557/5a462e13/MenjelajahiInternetDenganOpenID.html

2 komentar:

  1. nice information mas...

    selama ini saya kalau komentar masih pakai accoun google dan name/url

    sekarang pakai openID deh

    BalasHapus
  2. Sama donk. Sebelumnya juga saya umumnya menggunakan akun Google (Blogger) atau kombinasi Nama dan URL. Sejak Blogger menyediakan fasilitas OpenID, saya segera gunakan URL blog saya untuk login dengan OpenID.

    BalasHapus