Kamis, 06 Agustus 2009

Selamat Tinggal Adsense

Saat ini saya mengelola 6 blog. Saya pasang Adsense lokal (Indonesia), yaitu AdsenseCamp, di 5 dari 6 blog tersebut. Selain itu saya juga pasang Google Adsense di 2 dari 6 blog tersebut. 2 blog dengan Google Adsense beririsan dengan 5 blog dengan Adsense lokal tersebut.

Alasan saya memasang Adsense pada blog-blog yang saya kelola pada dasarnya bukan untuk mencari uang; bukan pula untuk mencari recehan. Saya menganggap Adsense sebagai salah satu corong informasi sebagaimana halnya iklan pada umumnya. Hal ini saya alami sendiri. Saya pernah menemukan beberapa link yang menarik pada iklan-iklan yang ditampilkan pada program Adsense tersebut.

Sayangnya sekarang ini iklan-iklan yang tampil tidak lagi menarik bagi saya. Bahkan beberapa materi iklan yang ditampilkan itu saya anggap berbahaya karena berpotensi menjebak orang. Contoh yang paling umum adalah iklan mengenai bisnis sederhana di Internet. Hal ini memang menimbulkan pro dan kontra, tapi saat ini saya berada di pihak kontra.

Kondisi ini kerap saya temukan pada Adsense lokal. Sebaliknya saya masih merasa nyaman melihat iklan-iklan yang tampil pada Google Adsense. Sepertinya hal ini disebabkan karena program Google Adsense untuk blog/website masih berbasis Bahasa Inggris sehingga jarang menampilkan iklan-iklan berbahasa Indonesia.

Sebenarnya keinginan untuk mencabut program Adsense, terutama Adsense lokal, dari blog-blog saya sudah ada sejak lama. Akan tetapi saya masih berharap akan ada perubahan pada isi iklan-iklan yang ditampilkan. Sayangnya harapan itu senantiasa terlihat tipis hingga saat ini.

Mungkin lebih baik kalau para penyedia jasa publikasi iklan melakukan penyaringan terhadap iklan-iklan seperti yang saya maksud di atas. Sayangnya saya pribadi menganggap hal ini tidak mungkin. Iklan bisnis sederhana di Internet ini bahkan muncul di situs berita seperti Detik.


Menulis lebih panjang tentang hal ini juga belum tentu memberikan nilai tambah. Walau bagaimana pun, inti dari tulisan ini adalah membenahi materi iklan yang ada di blog. Jadi sebaiknya saya segera benahi blog-blog saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar