Minggu, 08 Mei 2016

ANU, Telstra Tower, dan Gungahlin

Judul asli: Minggu III di Canberra: ANU, Telstra Tower, dan Gungahlin
--
Minggu ini saya memutuskan untuk merasakan suasana shalat Jumat yang diselenggarakan di Australian National University (ANU). Setelah hampir setengah jam jalan kaki dari kantor, saya berhasil menemukan tempat shalat Jumat itu. Lokasinya memanfaatkan salah satu lapangan basket di sport hall. Suasananya terbilang menarik karena sudah lama sekali sejak saya shalat Jumat bersama dengan para mahasiswa. Sayangnya sound system yang digunakan kurang nendang sehingga khutbah Jumat tidak terdengar jelas.

Pasca Shalat Jumat di Lapangan Basket ANU
Waktunya Beres-Beres
Setelah shalat Jumat, saya menyempatkan diri untuk melihat-lihat lingkungan kampus ANU. Lingkungannya benar-benar membuat saya rindu dengan masa-masa kuliah di kampus UI Depok. Banyak bangunan-bangunan unik, pohon di sana-sini, sarana olah raga siap pakai, dan yang paling penting, sebuah musala kecil sebagai pusat kegiatan mahasiswa muslim di ANU.

Computer Science & Information Technology
(Kalau Tidak Salah) Gedung Penelitian Kimia
Fellows Oval
Pusat Kegiatan Mahasiswa Muslim
ANU Bebas Rokok
Centre for Arab & Islamic Studies
Beralih ke Telstra Tower. Setelah mempelajari seluk-beluk rute dan jadwal bus, saya memberanikan diri mengajak istri dan anak saya ke Telstra Tower, salah satu bangunan khas di Canberra, yang berada di puncak Black Mountain. Kami ke sana dengan bus 981 yang merupakan tourist loop, yaitu bus yang rutenya dirancang untuk melewati tempat-tempat wisata di Canberra. Perjalanan di dalam bus itu seperti sedang bepergian ke luar kota, terutama saat bus itu meliuk-liuk menuju ke puncak Black Mountain.

Telstra Tower
Miniatur Telstra Tower
Pesawat Telepon Kuno yang Dipamerkan di Telstra Tower
Indoor Viewing Deck
Puncak Telstra Tower dari Open Viewing Deck
Pemandangan dari Open Viewing Deck
Kotak Pos Tertinggi Di Canberra
Hari Jumat ke ANU, hari Sabtu ke Telstra Tower, lalu hari Minggu ke mana? Setelah minggu lalu kami menjelajahi daerah selatan Australian Capital Territory (ACT), yaitu daerah Tuggeranong, hari Minggu ini kami memutuskan untuk bepergian ke daerah utara ACT, yaitu daerah Gungahlin. Sayangnya hujan tidak kunjung berhenti, kami pun hanya menyempatkan diri mampir ke beberapa tempat belanja seperti The Reject Shop, Coles, Pacifik Halal Meats, dan Aldi untuk memuaskan rasa ingin tahu kami terhadap produk-produk yang halal atau murah.

Satu hal menarik terjadi di Coles. Kasir tempat kami membayar belanjaan kami adalah seorang muslimah yang ramah. Saat dia melihat kami membeli sebungkus beef jerky, dia langsung bertanya kepada kami. "Is this for you?" Begitu tanya si Kasir. "It's not halal." Begitu penjelasan singkat yang diberikannya. Sayangnya saya sudah lebih dulu berselancar menemukan informasi bahwa beef jerky itu halal. Setelah kami memperlihatkan logo halal di balik bungkusnya, dia langsung tersenyum.

Area Parkir Dekat Aldi Gungahlin
Hujan yang Tak Kunjung Berhenti
Jack Link's Beef Jerky Berlogo Halal
Demikian pengalaman saya selama minggu ketiga di Canberra. Masih ada lebih banyak cerita lagi seiring waktu saya tinggal di Canberra hingga 8-9 minggu ke depan. Insya Allah. Seperti biasa, foto-foto lain yang sempat saya ambil dapat diakses di https://goo.gl/photos/AB7nnRW6Fbkpeav98.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar